[ceramah tarawih] Tafsir surat Al-Baqarah 183

August 24, 2009

Setelah membacakan Q.S. Al-Baqarah: 183 tentang “diwajibkannya berpuasa” dan menyampaikan terjemahan secara harfiah, jamaah ditanya, “siapakah yang mewajibkan puasa?” jama’ah dan pastinya antum sebagai pembaca barangkali semua sepakat jawabannya adalah “Allah SWT”.

Dalam konteks kajian bahasa ayat ini, yang memerintahkan puasa itu di “hidden/tersembunyi/tidak terang”. Hal ini dapat dilihat dari kata “Kutiba (diwajibkan)” tidak menggunakan “kataba Allahu (diwajibkan Allah)”. Dalam hal ini tersimpan hikmah, bahwa walaupun puasa itu tidak diwajibkan oleh Allah SWT, puasa juga akan diwajibkan oleh “dirinya sendiri/manusia”. Banyak contoh kasus mengenai hal ini, diantaranya: bagaimana seseorang yang ingin mengurangi berat badannya, melakukan puasa tidak makan makanan tertentu; atau seorang sakit, baik karena diperintah/anjuran dokter atau tidak juga melakukan puasa tertentu; dll.

“la’allakum tattaquun” akhir ayat memberikan keterangan “taqwa” sebagai tujuan akhir puasa . Pertanyaan selanjutnya apa yang dimaksud taqwa itu? taqwa dalam hal ini juga dapat di tafsirkan sebagai kecerdasan dalam mengelola “harapan dan kecemasan”, karena harapan tanpa kecemasan juga akan menjadi bahaya.

Apabila dianalogikan sebagai kendaraan, harapan merupakan gas dan kecemasan adalah remnya. Misal, apabaila harapan-harapan terlalu berlebih untuk mendapatkan syurga, tanpa disertai kecemasan bahwa kemungkinan juga dapat masuk neraka. Maka, harapan yang over seperti itu akan menjadikan berlebih-lebihan dalam “beribadah”.

Hakikatnya orang taqwa itu adalah dapat menyeimbangkan antara harapan-harapan dan kecemasan-kecemasan. wallahua’alam.

**Disarikan dari ceramah tarawih Ustadz Asrori, MA. di Masjid Anwar Rasyid 23/08/2009**



10 Responses to “[ceramah tarawih] Tafsir surat Al-Baqarah 183”

  1.   Genevieve31Sawyer Says:

    I had a desire to begin my firm, but I didn’t earn enough amount of cash to do that. Thank God my close dude advised to take the mortgage loans. Thence I received the sba loan and realized my dream.

Trackbacks/Pingbacks

  1. ohyjeruqudy
  2. Арсений
  3. opeqyridobosun

Leave a Reply